KRISTUS BENAR-BENAR BANGKIT

Nats Alkitab :1 Kor 15:20 Oleh: Pdp. H. Agus Susanto

Peristiwa kelahiran, kematian,kebangkitan dan kematian Tuhan Yesus Kristus adalah fakta dan bukan sekedar dongeng belaka. Demikian juga kedatangan-Nya kedua kali. Kisah Tuhan Yesus Kristus dalam hal kelahir dan dan kedatangannya kedua kali sedikit ada kemiripan. Tetapi kisah kematian dan kebangkitanNya ada beberapa perbedaan.

I. Alkitab menulis Tuhan Yesus benar-benar mati dan tiga hari kemudian Yesus bangkit kembali dari kematian .

- Yesaya 53:9 – Nubuat Kematian Tuhan Yesus Kristus

- Lukas 9:22 Tuhan Yesus menubuatkan kematian-Nya

Al Qurann juga menulis tentang kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus

- Dalam Surah 3 Ali Imnran 55

“ (Ingatlah) ketika Allah berfirman ; “ Hai ‘Isa, sesunggnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu, dan mengangkat kamu kepadaKu, serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu diatas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu. Lalu aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya. “

- Surah 19 Maryam 33

“ Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari aku dilahirkan,pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali>

Catatan ; Ada sedikit kesalahan dalam Al penyebutan Maryam dalam bagian ini. Maryam dalam surah ini tercampur dengan Miryam Saudara Harun dan Musa. Sebab dalam S. Maryam 28; ini

Maryam Disebut Saudara Perempuan Harun.

Surah 19 Maryam :28

“ Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",

Para Teolog Islam memberikan tafsiran Marryam disebut Saudara perempuan Harun karena kesalehan Maryam seperti kesalehan Nabi Harun AS.

Tetapi ada satu ayat yang tidak tegas menulis tentang kematian dan penyaliban Tuhan Yesus sehingga dari ayat ini timbul penafiran bahwa Tuhan Yesus tidak disalib.,tetapi langsung diangkat ke Sorga. Justru Yudah yang ditangkap dan disalib oleh orang Israel karena wajahbya sudah ditukar atau diserupakan dengan wajah Tuhan Yesus.

Surah 4 Annisa :157

Dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah378", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.

Dua ayat dalam kitab AlQuran mencatat bahwa Tuhan Yesus dibangkitkan dan kemudain naik ke Sorga setelah mengalami kematian. Sementara satu ayat menolaknya. Catatan-vcatatn sejarawan Romawi, Talmud-talmud Yahudi juga dengan tegas mencatat tentang peristiwa kematian Tuhan Yesus. Mau percaya berita yang mana kita?

II. Mengapa Yesus harus mati dan Bangkit ?

  1. Yesus mati untuk menagung hukuman dosa kita ( Ibrani 9:28 )
  2. Yesus mati untuk menanggung penderitaan dan masalah kita ( Yesaya 53:4)
  3. Yesus bangkit untuk membuktikan bahwa Dia adalah Allah yang berkuasa atas segala keadaan termasuk berkuasa atas kematian ( Roma 6:9 )

Berita ,pengajaran,teologi tentang penyaliban dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah adalah kebenaran yang tidak terbantahkan. Percayalah dan imanilah. Alami kuasa kematian dan kebangkitan-Nya.

DAPATKAN CD PRESENTASI BAHAN KHOTBAH DARI MATERI DIATAS. KLIK DISINI

EBOOK ISLAMOLOGY ?KLIK DISINI

Tidak ada komentar: