ALAMAT REDAKSI

PO.Box 118 Temanggung 56200
JAWA TENGAH - INDONESIA
HP/SMS/WA.085228085470

CP: Pdt. HOSEA AGUS SUSANTO,S.Pd.K

ISTERI YANG CAKAP MELEBIHI PERMATA

1 comment
Ayat Pokok:
"Isteri yang cakap, siapakah yang akan mendapatkannya? Ia lebih berharga daripada permata."
(Amsal 31:10)


Pendahuluan 
Ayat ini menyampaikan tentang isteri yang cakap.
Dalam pandangan Kekristenan, memang jelas tidak ada perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan, khususnya dalam hal kedudukannya di hadapan Tuhan. Baik laki-laki maupun perempuan semua berharga di mata Tuhan. Baik ;laki-laki maupun perempuan, semua disebut anak-anak Tuhan, gereja Tuhan .

Tuhan merindukan wanita, terutama para isteri agar menjadi isteri yang cakap.

Isteri yang cakap
Amsal 31:10-31 merupakan suatu nasehat seorang ibu kepada anaknya (Raja Lemuel) supaya mencari wanita yang akan dijadikan sebagai pendamping hidupnya (isterinya).
Nasehat ini bukanlah sekedar nasehat, namun nasehat yang disertai dengan hikmat Tuhan, dimana Lemuel harus mencari wanita yang cakap dan bijaksana. Di mata Allah wanita yang cakap dan bijaksana sangatlah berharga.

Isteri yang cakap adalah seorang isteri yang kehidupannya berkenan kepada Tuhan dengan hidup takut kepada Tuhan serta memiliki watak dan karakter yang luar biasa (rajin, murah hati,dan berhikmat) serta sangat bijaksana sehingga sangat berharga dihadapan Allah dan juga suaminya. Bisa jadi kriteria-kriteria tersebut sangat sulit dijumpai pada masa kini, bahkan mungkin juga pada masa Salomo menuliskan amsal-amsal ini. Dalam bahasa yang umum mungkin bisa dikatakan "seribu satu". Itu sebabnya Salomo mengawali nasehatnya dengan  menulis" Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya?"

Berkat dari wanita isteri yang cakap.
Apa saja berkat atau dampak dari seorang isteri yang cakap bagi suami, anak-anak dan bahkan seisi keluarga?

Pertama, Suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.
Amsal 31:11,"Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan
Ketika seorang isteri menjadi isteri yang cakap dan bijaksana, maka kehidupan, karier, bisnis, pelayanan  dan segala sesuatu yang dikerjakan oleh suaminya, akan selalu mendatangkan keuntungan.

Kedua, suaminya dibekati oleh perbuatan baik isterinya.
Amsal 31:12, "Ia berbuar baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.
Isteri yang cakap dan bijaksana selalu berespon positif  terhadap kekurangan dan kelebihan suaminya, bahkan mendukung suaminya.

Ketiga, suaminya dikenal dan duduk bersama-sama dengan orang yang terhormat,
Amsal 31:23," Suaminya dikenal dipintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri."
Isteri yang cakap dan bijaksana akan memberi jalan, mempromosikan, membawa, menempatkan dan memposisikan suaminya dalam golongan orang-orang yang mulia, yang terhormat dan yang bijaksana.

Keempat, anak-anaknya hidup berbahagia dan suaminya selalu memuji isterinya.
Amsal 31:28,"Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia:
Isteri yang cakap dan bijaksana akan membuat anak-anaknya dan suaminya  berbahagi, sehingga suaminya selalu memuji dia dan anak-anaknya menyebutnya sebagai wanita yang berbahagia.

Kelima, rumah tangganya terurus dengan baik
Amsal 31:15, "Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugasnya kepada pelayan-pelayanannya perempuan."
Isteri yang cakap dan bijaksana, akan menjadi pengurus yang baik bagi rumah tangganya, rajin dan bertanggungjawab dalam menjalankan fungsinya sebagai ibu rumah tangga

Penutup
Marilah kita meminta hikmat dan kekuatan Roh Kudus sehingga kita, para isteri dimampukan menjadi isteri-isteri yang bijaksana, yang dapat membawa dampak positif bagi suami dan seisi rumah tangga.

LINK INFORMASI PENTING
BAHAN KHOTBAH MUTIARA SABDA VOL.92