VIRUS TIDAK MENGHORMATI ORANG TUA

Ayat Pokok:
"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai diri sendiri dan menjadi hamba uang, mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak kepada orang tua dan tidak tahu berterimakasih, tidak mempedulikan agama."
(1 Tesalonika 3:1-2)

Pendahuluan
Kita akan kembali melanjutkan pembahasan firman Tuhan mengenai virus-virus yang melanda
manusia pada akhir jaman. Kali ini kita sudah sampai pada virus "tidak menghasihi atau tidak menghormati orang tua.

Menghormati orang tua adalah hal yang penting dan sangat perlu kita perhatikan. Allah bahkan menaruh perhatian yang sungguh-sungguh dalam perkara ini. Hal ini dapat dilihat bahwa menghormati orang tua harus dimasukkan dalam 10 hukum Allah. 

Keluaran 20:12 menyatakan;" Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu ditanah yang diberikan TUHAN, Allahmu kepadamu."

Bukti bahwa Allah sangat menaruh perhatian terhadap perkara ini adalah adanya janji," supaya lanjut umurmu ditanah yang diberikan TUHAN, Allahmu kepadamu."Artinya ada janji yang luar biasa ketika kita melakukan perintah Tuhan ini.

Kata menghomati, dalam bahasa Ibrani menggunakan kata yang dapat juga diterjemahkan dengan "menjunjung dan menghargai."

Dalam Perjanjian Baru juga dikatakan,"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi." (Efesus 6:1-3). Menghormati orang tua itu satu-satunya perintah di dalam Alkitab yang menjanjikan umur panjang sebagai hadiah. Siapakah yang tidak ingin berumur panjang dan diberkati? Tentu semua kita mau. Dan Alkitab memberikan pesan ini kepada kita bahwa kunci untuk dapat berumur panjang dan diberkati adalah dengan menghormati orang tua.

Nasehat Salomo
Salomo, orang yang memiliki hikmat yang luar biasa juga memberi nasehat mengenai hal ini.
Amsal 1:8 "Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu."

Amsal 13:1 "Anak yang bijak mendengarkan didikan ayahnya, tetapi seorang pencemooh tidak mendengarkan hardikan."

Amsal 30:17 "Mata yang mengolok-olok ayah dan enggan mendengarkan ibu akan dipatuk gagak lembah dan dimakan anak rajawali."

Artinya bahwa ketika kita menghormati orang tua kita akan diberkati. Sebaliknya kita akan mendapatkan kutuk ketika kita tidak menghormati orang tua kita.

Bagaimana kita menyatakan penghormatan kita kepada orang tua?
Pertama, kita menyatakan penghormatan kita dengan berkata sopan kepada mereka.
Kedua, kita menyatakan penghormatan kepada orang tua kita dengan menuruti nasehat mereka.
Ketiga, kita menyatakan penghormatan kita dengan sikap yang penuh kasih kepada mereka.

Penutup
Menghormati orang tua tidaklah mudah, tidak selalu menyenangkan dan jelas tidak mungkin bila dengan kekuatan kita sendiri.  Namun menghormati orang tua adalah cara kita memuliakan Allah dan melaksanakan kehendak Tuhan dalam kehidupan kita.
Kolose 3:20 menulis"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah didalam Tuhan.

Tidak ada komentar: