B,C,D,E



Ayat Pokok:
"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikan, hingga kami beroleh hati yang bijaksana."
(Mazm 90:12)

Pendahuluan
Biasanya, kalau menggunakan Mazm 90:12, kita akan menemukan khotbah atau renungan dengan judul-judul seperti: Menjalani Hidup Yang Bijaksana, Menghitung Hari Dengan Bijak atau Hati Yang Bijaksana. Tetapi kali ini penulis ingin membagikan renungan dengan judul B,C,D,E.

Mengapa B,C,D,E?
Apa yang dimaksud dengan B,C,D,E dan mengapa penulis menggunakan judul ini? Karena kalau kita jujur, sebenarnya kehidupan kita manusia hanya seputar B,C,D,E. Mari kita renungkan perkara ini bersama-sama.

B dalam hal ini adalah Birth atau lahir.
Semua makhluk hidup yang ada di dunia, mengalami proses ini. Birth atau kelahiran adalah proses dimana makhluk hidup akan mengawali kehidupannya di muka bumi ini.

D dalam hal ini adalah Death atau mati.
Ini juga adalah kenyataan yang senang atau tidak senang, siap atau tidak siap, suka atau tidak suka, semua makhluk yang hidup akan mengalami perkara ini. Kendatipun orang memiliki kekayaan yang berlimpah-ruah,  tetapi itu tidak akan bisa memperpanjang nyawa, kalau waktunya sudah tiba.

C dalam hal ini adalah Choice atau pilihan.
Ini masalah yang dialami oleh manusia. Binatang cukup mengalami B atau Birth dan kemudian D atau Death. Tetapi tidak demikian dengan kehidupan manusia.  Diantara huruf B dan D,masih ada satu huruf yang perlu kita perhatikan bersama yaitu C atau Choice, artinya pilihan. Selama hidupnya, manusia akan diperhadapkan dengan banyak pilihan-pilihan. Kalau kita salah memilih, bisa jadi kita akan mengalami kerugian baik waktu maupun materi. Tetapi diantara banyak pilihan, ada satu yang sangat perlu kita perhatikan yaitu soal pilihan jalan hidup atau iman. Mengapa demikian? Karena pilihan soal ini, akan berpengaruh terhadap huruf setelah D yaitu E. Kalau kita salah memilih kita akan mengalami kerugian yang bukan hanya sementara, tetapi selama-lamanya.

E dalam hal ini adalah Everlasting atau kekal.
Everlasting artinya kekal. Ini yangi penulis maksudkan bahwa ketika kita salah mengambil  C atau Choice, terutama berkaitan dengan iman, maka  kita akan mengalami akibat dalam kekekalan. Ada dua kekekalan yang akan dialami oleh manusia. Apakah sukacita kekal atau hidup kekal, atau sebaliknya  kesengsaraan atau kematian kekal.  Tidak ada pilihan lain, kalau kita ingin menikmati hidup kekal, maka pilihan yang harus kita ambil adalah juga C yaitu Christ.

Mengapa demikian?
Kis 4:12 menulis:" Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga, selain di dalam Dia,  sebab di bawah kolong langit ini, tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia, yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Penutup
Hati-hati dengan kehidupan kita. Ketika kita tersesat di dunia, bisa jadi kita hanya rugi sementara. Tapi salah memilih jalan keselamatan, kita akan mengalami kerugian dalam kekekalan.
Yoh 14:6
"Kata Yesus kepadana:"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui aku.

Amsal 16:25
"Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut".

CATATAN:
Anda menemukan artikel ini dengan kata kunci pencarian:
khotbah kematian kristen, bahan khotbah ibadah penghiburan, khotbah tentang kematian kristen, khotbah dukacita kematian, khotbah pemakaman orang kristen, ilustrasi khotbah kematian kristen, khotbah penghiburan di rumah duka, khotbah kematian seorang ibu, khotbah penghiburan bagi yang berduka, khotbah penghiburan orang meninggal 2017, khotbah penghiburan 2017

LINK INFORMASI PENTING
MATERI KHOTBAH POWERPOINT KRISTEN ANEKA TEMA

Tidak ada komentar: