BERKAT ATAS ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN

Disampaikan dalam Ibadah Syukur
Pelepasan Siswa Kelas IX
SMP MASEHI PARAKAN
Sabtu,  11 Juni 2016
Ayat Pokok:
" Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan"
Amsal 1:7
Pendahuluan
Salah satu topik yang paling sering dibahas, namun paling sedikit dimengerti adalah tentang takut akan Tuhan. Banyak orang salah memahami tentang makna takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan disini, tidak harus kita pahami seperti halnya kita takut kepada setan, kegelapan, orang lain ataupun binatang. Ketika kita merasa takut akan hal-hal diatas, yang seringkali kita lakukan adalah menghindar jauh-jauh dari penyebab ketakutan tadi. Namun takut akan Tuhan jsutru hendaknya dipahami sebagai suatu perasaan hormat, kagum kepada Tuhan. Sehingga yang terjadi sebaliknya, perasaan takut akan Tuhan akan membuat kita memiliki kerinduan untuk selalu mendakat kepada Tuhan.
Pemahannya adalah kita sebagai anak, harus mengormati dan mengasihi Allah sebagaimana kita mengasihi dan menghormati bapa kta didunia. Ada perasaan takut justru ketika kita jauh dengan Tuhan.
Amsal 1;7 adalah ayat yang sangat disenangi, terutama dalam dunia pendidikan. Ada sekolah-sekolah, lembaga-lembaga kurus yang menggunakan ayat ini sebagai motto mereka. Ayat ini mengingatkan betapa sungguh kuasa dari takut akan Tuhan akan memampukan orang untuk dapat memilik hikmat yang luar biasa.
I. Ciri-ciri orang yang takut akan Tuhan
Apakah ciri-ciri orang yang takut akan Tuhan itu?
a. Orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang percaya bawa apapun yang Allah perbuat bagi kita itu baik adanya
Mengapa Ayub disebut sebagai orang yang takut akan Tuhan? karena ditengah ujian yang ia hadai. ia tetap percaya bahwa semua itu baik adanya. Ia tidak protes kepada Tuhan, tetapi ia tetap menaruh harap keada Tuhan. Orang yang takut akan Tuhan, akan tetap bersemangat dan senantisa siap untuk menghadapi apapun yang terjadi.
I Korintus 10:13 menyataka" Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melampaui kekuatan manusia.  Sebab Allah setia dan karena itu, Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampau kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, supaya kamu dapat menangungungnya". Orang yang takut akan Tuhan akan selalu siap menghadapi situasi apapun yang akan terjadi.
b. Orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang tetap mau bersyukur, ditengah masalah yang ia hadapi.
Sebagai implementasi sikap pengakuan bahwa apapu yang Allah perbuat bagi kita itu baik adanya, maka kita akan dimampukan untuk tetap mau bersyukur, ditengah masalah yang kita hadapi. Bersyukur ketika semuanya lancar, kita lulus dengan baik. usaha lancar. Itu adalah hal yang lumrah yang pasti semua dapat melakukannya. Tetapi apakah kita akan tetap dapat bersyukur ketika segalanya seolah-olah hancur? usaha seret, karir macet, kita tidak lulus ujian dan perkara-perkara tidak baik lainnya. Akankah kita tetap dapat bersyukur? I Tesalonoka 5:18 menyatakan " mengucap syukurlah dalam segala hal. Sebab itulah yang dikehendak Kristus Yesus bagi kamu".
c. Orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang taat kepada firman dan menjauhi kejahatan.
Ada ayat-ayat yang mengaitkan antara sifat takut akan Tuhan dengan " menjauhi kejahatan. Perhatikan dengan seksama, Ayub 1:1
Bebapa ayat yang membahas mengenai hal ini.
Amsal 8:13 " Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan"
Amsal 16:6" Karena takut akan Tuhan,orang menjauhi kejahatan"
II. Berkat atas- orang -orang yang mau hidup takut akan Tuhan
a. Mengalami pemeliharaan Tuhan (Mazmur 34:9)
b. Mngalami pembelaan Tuhan (  Mazmur 34:7)
c. Menerima kekayaan, kehormatan dan kehidupan (  Amsal 22:4)
LINK PENTING

Tidak ada komentar: