Senin, 13 Juni 2011

HIDUP DIPIMPIN ROH KUDUS


Disampikan pada: Ibadah Hari Raya Pentakosta
Hari/ Tgl: Minggu, 12 Juni 2011
Di GPdI Blawong- Temanggung
Pendahuluan
Hari ini geeja-gereja di seluruh dunia sedang merayakan hari Pantekosata. Istilah Pentakosta berasal dari bahasa Yunani kuno " Pentekostes "yang artinya hari ke lima puluh. Pada masa perjanjian lama Hari raya Pentakosta dirayakan setelah tujuh minggu dari hari raya Paskah. Itu sebabnya Hari Pentakosta juga disebut hari raya Tujuh Minggu dan Raya Buah Bungaran. Pada masa Perjanjian Baru Hari Raya Panteksota mendapat warna baru yaitu sebagai hari Pencurahan Kuasa Roh Kudus dan dirayakan sepuluh hari sejak kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga atau lima puluh hari sesudah kebangkitan Tuhan Yesus Peristiwa Pentakosta pertama teriadi di loteng Yerusalem dan dicatat dalam Kisah 2:1-13.
Penggenapan Janji Tuhan
Peristiwa pencurahan Roh Kudus ini adalah penggenapan janji Tuhan dimana pada saat Tuhan Yesus hendak naik ke Sorga, Tuhan Yesus menjanjikan adanya penolong yang akan menyertai umatn-Nya. Dan penolong itu adalah Roh Kudus Lihat Yoh 16:7 "..sebab jikalau Aku tidak pergi ,.. Penghibur itu tidak akan datang " Yoh16:13 " ..yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu kedalam seluruh kebenaran Dari sini kita bisa melihat bagaimana kepedulian Tuhan terhadap umat-Nya. Tuhan Yesus sangat memperhatikan umat-Nya sehingga Dia tidak membiarkan kita bergumul sendiri sebagai yatim-piatu. Yoh 14:18 " Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim-piatu. Aku datang kembali kepada-Mu.
Mengapa Kita Perlu Dipimpin Roh Kudus?
Mengapa kita perlu dan harus dipimpin oleh Roh Kudus? Kita harus dipimpin oleh Roh Kudus supaya kita mampu menang dan dan dapat mengalahkan segala kuasa yang ada di dunia ini
Pertama : Menang atas kuasa dosa dan kedagingan * Roma 8:5-6 , Galatia 5:16-17 Tuhan Yesus pernah mengingatkan bahwa roh memang penurut tetapi daging lemah Bahkan Paulus pernah berkata yang tidak aku kehendaki untuk aku lakukan itulah yang aku perbuat.
Kedua : Menang atas pergumulan hidup ( Roma 8:26-27 ) --Roh Kudus membantu kita dalam doa
Tanda orang yang dipimpin Roh Kudus?
  • Dia Taat Bersaksi ( Kisah 1:8, Mat 28:19-20)
  • Taat Berdoa ( Kisah 4:3)
  • Taat Bersyukur ( Kisah 16:24-25)
  • Taat Firman ( Kisah 2:41-42)
  • Taat Melayani ( Kisah 2:44-47 )
*****Amin *****

LINK SEANJUTNYA

Tidak ada komentar: