ALAMAT REDAKSI

PO.Box 118 Temanggung 56200
JAWA TENGAH - INDONESIA
HP/SMS/WA.085228085470

CP: Pdt. HOSEA AGUS SUSANTO,S.Pd.K

ARTI KEMERDEKAAN KRISTEN

No Comments


Bacaan Alkitab :
Galatia 5:1-13

Pendahuluan
Pada dasarnya kemerdekaan adalah kerinduan setiap orang. Namun seringkali kita tidak mendapatkannya karena kita memang tidak memahami makna kemerdekaan itu sendiri.

Makna Kemerdekaan Kristen
Apa makna kemerdekaan itu?

1. Hidup tanpa penjajahan
Roma 6:6,"Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.."
Pada masa lalu, kolonialisme atau penjajahan terkait dengan  penguasaan atas negara lain melalui kekuatan militer. Pada masa modern sekarang ini, penjajahan muncul  dalam bentuk yang baru dan terselubung. Dengan dukungan kekuatan global, negara yang kuat dapat menguasai dan mengatur negar yang lain, misalnya melalui perekomonian atau sistem politiknya. Jadi, negara yang sudah merdeka dari kolonialisme lama, masih dapat terjajah oleh kekuatan asing dalam bentuk yang berbeda.

Kalau kita perhatikan, ternyata dosa mirip dengan penjajahan. Di dalam Kristus, "manusia lama kita telah turut disalibkan, supay tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa, 
 Kita telah dimerdekakan dari kuasa dosa dan diberi kehidupan baru, diperlengkapi untuk tidak lagi hidup sebagai hamba dosa.melainkan mampu mendayagunakan anggota tubuh sebagai "senjata-senjata kebenaran" (Roma 6:13). Namun, Paulus juga mengingatkan bahwa dosa tidak bakal tinggal diam. Ia akan terus berusaha untuk berkuasa lagi atas tubuh kita, dan menggoda kita untuk selalu menuruti keinginannya. Dosa ingin terus menjajah kita.

Untuk menghadapi kusa dosa, kita perlu mengalami pembaharuan pikiran. Kita berpegang teguh pada kebenaran bahwa di dalam Kristus Yesus kita sudah mati bagi dosa, dan sekarang dipanggil untuk hidup bagi Allah ( Roma 6:11). Semakin kuat kesadaran kita akan kemerdekaan yang dianugerhkan kepada kita, semakin kuat pula kemampuan kita untuk menolak godaan dosa.

KRISTUS YANG TELAH MEMAMPUKAN KITA DARI KUASA DOSA, DIA PULA YANG AKAN MEMAMPUKAN KITA HIDUP BERKEMENANGAN ATASNYA.

2. Hidup dengan potensi maksimal
3. Hidup yang mampu mengalahkan musuh
4. Hidup yang mengalami rencana Tuhan yang sempurna

Mengalami Kemerdekaan
Kapan kita akan mengalami kemerdekaan?
1. Jika kita tidak mau diperhamba ( Gal 5:1)
2. Jika kita tahu kebenaran ( Yoh 8:31-32)
3. Jika kita menolak dosa ( Yoh 8:35-36)
4. Jika kita dipimpin Roh Kudus ( II Kor 3:17)
5. Jika kita siap hidup sebagai Hamba Allah ( I Pet 2:16)

Penutup
Jadi kesimpulan kita, kemerdekaan harus dipahami dan direbut dalam hubungan dengan pengenalan kita akan Kristus dan persekutuan kita dengan Roh Kudus.

LINK INFORMASI PENTING